Laman

Kamis, 28 November 2013

5 Jagoan terkuat pewayangan berasal dari jagad Nusantara

1. Petruk dan Gareng

Bambang Percuk Penyukilan (Petruk) merupakan ksatria edan yang suka bergurau dan senang berkelahi, ilmu silatnya tinggi dan dia seorang yang pilih tanding atau sakti di tempat kediamannya dan daerah sekitarnya. Oleh karena itu ia ingin berkelana guna menguji kekuatan dan kesaktiannya. Selama bertualang dia tak ada yang mengalahkannya bahkan tak tersentuh oleh para ksatria dari Kurawa dan Pandawa. Kapak adalah senjatanya namun dia lebih gemar dengan tangan kosong. Kegeramarannya bergurau dalam pertarunganpun masih bisa bergurau dengan musuh-musuhnya, ada yang membuatna tertarik dalam dunia pertarungan ketika mendengar ksatria bernama Bambang Sukodadi (Gareng) yang sama-sama di segani oleh pihak Kurawa dan Pandawa. Bambang sukodadi dari pertapaan Bluluktiba yang pergi dari padepokannya di atas bukit, untuk mencoba kekuatannya. Karena mempunyai maksud yang sama, maka terjadilah perang tanding. Mereka berkelahi sangat lama dan menghancurkan alam sekitar karena kedasyatannya, merekapun saling menghantam, bergumul, tarik-menarik, tendang-menendang, injak-menginjak, hingga tubuhnya menjadi cacat dan berubah sama sekali dari wujud aslinya yang tampan pertarungan berimbang dan tidak ada yang kalah karena terlalu lama dan membuat kekacauan diamana-mana maka datanglah Semar.Mereka diberi petuah, nasihat dan pusaka terkuat di jagad raya. Sehingga akhirnya keduanya menyerahkan diri dan berguru kepada Semar.

Kekuatan Petruk :
- Jamus kalimsada adalah pusaka terkuat di jagad raya  yang tak tertandingi yang di berikan oleh guru Semar, jamus kalimsada ini adalah "kalimat syadahat" yaitu "tiada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah.
- Berubah menjadi Petruk dari Bambang Percuk Penyukilann mode Petruk ini adalah diadaptasi dari kata “fatruk”, yang merupakan pangkal wejangan tassawuf yang berbunyi “fat-ruk kulla maa siwallaahi” yang artinya “tinggalkan semuanya kecuali Allah (Tuhan)”. Wejangan tersebut kemudian menjadi pegangan dan watak utama para wali dan aulia. Petruk juga sering disebut sebagai Kathong Bolong, yang memiliki arti kantong yang berlubang, yang bermakna bahwa setiap manusia harus mendermakan hartanya dan menyerahkan jiwa raganya ( apapun yang kehebatan,kepintaran, kecerdasan, kekuatan, kekayaan itu harus bermanfaat untuk umat manusia dan alam karena merupakan berkah dari Allah, bukan bakat yang dinikmati untuk pribadi ) kepada Tuhan Yang Mahakuasa secara ikhlas, seperti berlubangnya kantong yang tanpa penghalang. 
Jurus Petruk :
- Dakwahgurau artinya berdakwah yang humoris, menghibur, bermakna dan ikhlas, tak perlu berkerlahi untuk mengalahkan lawannya karena berkelahi hanya menghancurkan dan membunuh fisiknya tetapi dengan dakwah karena dengan dakwah bisa membunuh watak jahat bukan fisik manusia.
 Kelebihan Petruk :
- Tukang guyon
- Ilmu silat tinggi
- fisik yang sangat lincah, cepat dan kuat.


Bambang Sukodadi ( Gareng) raja di Paranggumiwayang dengan gelar Pandu Pragola, Gareng sangat sakti namun sombong, sehingga selalu menantang duel setiap satria yang ditemuinya dan membantai habis semua musuhnya. Diapun Ksatria yang segani oleh Kurawa dan Pandawa. Ilmu silatnya sangat tinggi dan sulit mencari lawan dan akhirnya dia memutuskan untuk bertapa di Blukutiba untuk menambanh kekuatannya.  Suatu hari, saat baru saja menyelesaikan tapanya, ia berjumpa dengan satria lain bernama Bambang Percuk Panyukilan, karena menggangu pertapaannya dengan omongan yang konyol kahirnya dia terpancing dan menuruti kemauan Petruk akhirnya mengajaknya  untuk berduel, dan Akhrinya dipisahkan Semar sama serpeti kisah Petruk. 
Kekuatan Gareng :
- Jamus kalimsada adalah pusaka terkuat di jagad raya  yang tak tertandingi yang di berikan oleh guru Semar, jamus kalimsada ini adalah "kalimat syadahat" yaitu "tiada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah.
- Bambang Sukodadi berubah menjadi mode Gareng yaitu Dari kata Nala Khoirin atau Nala Qorin. Artinya menerima kebaikan atau memperoleh teman. Dan mencerminkan kawula yang selalu hati-hati dalam bertindak serta memiliki sifat tidak suka mengambil hak milik orang lain.
Jurus Gareng :
- Dakwahqorin yaitu jurus membunuh watak jahat seseorang mendjadi baik sama seperti Petruk namun lebih dalam gurauan jika gareng dengan keramah - tamahan agar menjadikan musuh-musuhnya menjadi teman.
Kelebihan:
- Ilmu silat Tinggi
- Ramah dan hati-hati
- Fisik yang cendrung lambat tapi keras dan memupnyai daya hancur luar biasa

Setelah bertermu Semar menjadi Petruk dan Gareng mereka tidak suka bekelahi dan mencintai perdamaian tidak suka pertumpahan darah, dengan dakwahgurau  dan dakwahqorin. Banyak sekali lelucon-lelucon setilan sana sini  dan kocak tapi mengandung makna yang sangat luar biasa dalam arti kehidupan. Bersama Semar dan Bagong  mereka berempat menjadi Punakawan yang menjadi Guru-guru kehidupan para satria kebenaran ( Pandawa dan anak-anaknya). 


2. Antareja
Raden Hanantareja akrabnya Antareja raja dari Kerajaan Jangkarbumi merupakan tokoh terkuat di pewayangan nusantara setara dengan rahwana,dia adalah sosok yang sangat baik dan berbudi pekerti luhur, dengan rajin beribadah tentunya dia sudah mengenal tuhan sehingga perilakunya jujur, pendiam, sangat berbakti pada yang lebih tua dan sayang kepada yang muda, rela berkorban serta baik kepada semasama mahluk hidup dan tidak mempunyai sifat perusak. Antareja ini anak pertama dari BIMA pandawa tapi tidak ada dalam versi india,ini tokoh pewayangan asli nusantara. Bima menikah dengan Nagagini setelah mendapatkan restu dari ayahnyac yaitu Antaboga, tapi restu ini setelah mengalahkan Antaboga setelah pertaruangan lebih dari 10 hari yang menghancurkan hutan-hutan serta danau-danau.Ia menikah dengan Dewi Ganggi, putri Prabu Ganggapranawa, raja ular di Tawingnarmada, dan berputra Arya Danurwenda.


Kekuatan Anatreja :
- Mempunyai tubuh napakawaca, tubuh ini kuat terhadap semua sentaja (bahkan senjata petir mjolnir, dan maelstrom hanya geli-geli pedang mihawk,madara,zoro pun patah!!) dan kulitnya begitu keras jauh lebih kuat dari kranken shell sehingga seperti anti-spell (elemen-elemen bumi seperti api,air,angin,petir dll)
- Bisa menjadi Nagarupa atau Triwikarma ini mode yang paling mengerikan bahkan kalo jadi mode ini superman ga usah mukul deh, kalo dia mukul remuk tangannya!!!! adiknya sendiri yaitu gatotkaca tidak mampu mengalahkannya, pukulan adiknya yang bisa meratakan 10 gunung dalam 1 kali pukulan pun (pukulan brajamusti) hanya membuatnya pusing, butuh 100 kali lebih pukulan brajamusti untuk membuat Antareja untuk membuatnya tidak sadarkan diri. Mode ini bisa setara dengan rahwana atau Fusion son go ku bersama Bezita dalam mode super saiya 4 kedua-duanya hahahaha.Obito pake mode bijuu aja belum tentu kuat lawan nagarupa wkwkwkw.
- Cincin mangkubumi merupakan warisan dari ibunya Dewi Nagagini jika dia menyentuh tanah dapat energi bahkan ketika luka parah dia masuk kedalam tanah atau bumi bisa sehat kembali (ngeriiii bener keraaas!!!)
Jurus Antareja :
- Lidahnya sangat sakti, mahluk apapun yang dijilat telapak kakinya akan menemui kematian nah ini jurus yang paling mengerikan semua jagoan atau superhero barat dan jepang langsung mampus!!!
- Racun visadacara miliknya bisa melelehkan logam apapun, man of steel?? di ludahin dia bakal jadi bangke wkwkwkwk
- Kendalibumi merupakan jurusnya dia untuk mengendalikan apapun dari bumi (tanah,batu,pasir dan logam) ini ditiru oleh animasi avatar wkwkw, 
Kelebihan lainnya
- Antareja bisa terbang tapi jatah operasinya di darat ya dia jarang-jarang.
- Agilitynya sangat bagus sulit sekali untuk dipukul
- Kecepatanya sangat cepat di tanah

Walaupun kuat banget Antareja cinta damai bahkan tidak suka dengan pertempuran, petarungan dan peperangan. Antareja mati karena ditipu si Kresna, eh dia malah jilatin kakinya sendiri mati deh, ini karena Kresna tahu perang dunia (Baratayudha) bukan kelasnya jadi dia tidak membantu pandawa. Belum ada cerita Antareja ini belum pernah bertemu Rahwana si raja iblis dari tokoh pewayangan.

3. Gatotkaca
Raden Gatotkaca putra Bima dari pernikahan dengan Dewi Arimbi raja dari Pringgodadi sang ksatria Arcapada. Nah ini dia jagoan para dewa dalam pewayangan anak kedua Bima alias adiknya Antareja ini mempunyai kekuatan tubuh seperti antareja tapi tidak sekuat antareja. Otot Kawat Tulang Besi !!! ini nih cikal bakal adanya si suparman eh superman yang anak kemaren sore. Jabang Tetuka ketika dia masih bayi, ketika dia kecil di asuh oleh Narada dan pada saat itu kerajaanya di serang oleh kerajaaan Trabelasuket yang dipimpin oleh patih Sekipu dan kekuatan militer penuh,namun pada saat ditempat hanya ada Tetuka, Tetuka melihat patih sekipu merusak semena-mena dan menghancurkan kota akhirnya Tetuka marah dan mengamuk lalu maju sendirian dan membunghanguskan militer kerajaan Trabesuket yang dipernsejatai penuh akhirnya Tetuka melawan Seikpu dan Kalapracona raja dari Trabesuket disana terjadi handicap 2 lawan 1 Sekipu dan Kalapracona kekuatannya kuat merekapun sakti. Pertarungan tidak seimbang Tetuka bukan lawan seimbang mereka berdua, keduanya setengah mati sampai remuk-remuk dan patah tulang-tulang mereka akhirnya mereka kabur daripada harus mati, Naradapun kaget akhirnya para sesepuh menyemplungkan Tetuka ke kawah Candradimukha dan dilebur dengan pusaka dewata, (edan ilmuan jaman dulu uda mengenal sains sebelum si dc dan marvel wkwkw) akhirnya menjadi Gatot Kaca namaya setelah remaja.
Kekuatan Gatotkaca :
- Narantaka ini hasil latihan Gatotkaca untuk kebal terhadap segala macam dan ilmu magis, di kamehameha juga tebel sulit banget wkwkwkwk, Gatotkaca mempelajari jurus ini gara-gara kalah dari Durusalna yang mempunyai senjata magis,Durusalna adik dari Duroyana atau saudara kedua dari Kurawa
-Basunanda ini merupakan hasil latihan yang bisa anti panas dan anti dingin kalo dikasih jurus api si Ace sama Akainu ga kerasa apalagi laser mata superman paling buat ngeringin rambutnya wkwkwkw terus ga mempann ice agenya Aokiji, paling juga kalo gerah Gatotkaca dikasih Ice agenya Aokiji lumayan jadi AC adem ayem hahaha
-Brajadenta nah ini dia ternyta ga cuma si superman yang jiplak tapi wolvrine juga aduh-aduh dasar amerika-amerika cih! hahaha, brajadenta ini mengeluarkan tulang tinju menjadi panjang seperti katar, bisa merobek apapun ini sertara dengan kuku Bima.
Jurus Gatotkaca
- Brajamusti nah ini mode pukulan maut setara dengan mode super saiya 4 goku dengan pukulan kaiokennya wkwkwkw kalo mode brajamusti ini 1 hit = 10 mountain F L A T !!! 
- Padakacarma ini merupakan jurus tendang mauut!!! sangat mematikan dan bisa membunuh para dewata, naga, genderewo, raksasa, buto, siluman, manusia dan lainya dalam 1 kali tendangan.
-Kendalivayu menjadikan angin sebagai senjata yah seperti si aang avatar. 
Kelebihan lain :
- Agility dan speed  sangat hebat bahkan kalo di udara uda jadi rajanya
- Antakusuma ini merupakan baju canggi yang menyatu dengan tubuh Gatotkaca biar bisa terbang, ow ow ow shiiiiit lagi-lagi amerika niru kita sebelum ada ironman baju canggih lebih canggih antakusuma keleesss
- KUMISNYA MAN  CUCOK!!! bikin wanita  Greget hahaha

Gatotkaca ini berwatak sangat sopan santun selama hidupnya dia kalah hanya 1 kali oleh Durosalna yang di persenjatai penuh oleh senjata-senjata magisnya,tapi setelah berlatih narantaka menang, walaupun kalah Gatotkaca bukan kalah secara fisik tapi kalah bingung karena tidak sulit melukai yang dilindungi senjata-senajta magis yang sangat kuat di Durosalna. Gatotkaca mengalami pertarungan yang membuatnya pasrah untuk kalah setengah mati ketika bertemu kakaknya Antareja, pada saat itu Gatotkaca salah sangka kepada Antareja, dan dia tidak tahu itu kakaknya,mereka bertemu saat sudah dewasa . Gatotkaca mati oleh tombak Kuntawijayadanu yaitu senajata terhebat dalam pewayangan bisa membunuh siapa saja tapi hanya 1 kali pakai.

4. Wisanggeni dan Antasena
Bambang Wisanggeni adalah nama seorang tokoh pewayangan yang tidak terdapat dalam wiracarita Mahabharata, karena merupakan tokoh asli ciptaan pujangga Jawa. Ia dikenal sebagai putra Arjuna yang lahir dari seorang wanita cantik bernama  Dresanala, putri  Brama. Namun sayang Brama menolak anak dari Arjuna, akhirnya dia di buang ke kawah Candradimukha, ketika terkena lahar namun yang terjadi lahar itu masuk kedalam Wisanggeni seperti bersatu. Ketika itu Narada melihatnya dan melatih Wisanggeni ( Racun Api ) sampai remaja, kekuatan Wisanggeni mengerikan bahakan dia mengalahkan Batara Kala dari dewata, setelah itu dia kembali menemui ayahnya Arjuna namun ditolak karena Arjuna tidak tahu jika dia Anaknya. Akhirnya Wisanggeni mengamuk dan mengalahkan semua Pandawa, setelaha itu Arjuna baru sadar baha\wa dia adalah anaknya dari Dresanala. Akhirnya Arjuna mengakui dan mengurus Wisanggeni. Wisanggeni orangnya sangat serampangan, tempramen, suka bikin rusuh dan onar dimana-mana, secara fisik tampan namun angkuh tapi sebenrnya dia baik dan suka menolong.
Kekuatan Wisanggeni :
-Kendalianagni yaitu dapat mengendalikan api dan magma sesuka hatinya, dapat mengeluarkan magma dan api, bisa di bilang raja api avatar ngikutin jurusnya dia belum lagi jhonny f4,ace,akainu, flame of recca dan manusia api  lainnya gyahahahaha.
-Agniraga yaitu jika ada api tubuhnya akan menjadi kuat dan bisa menghisap api-api sekitar untuk dijadikan energi baginya.
Jurus Wisanggeni :
-Amukagni merupakan jurus panas penghancur apapun dia mengeluarkan api dan magma dengan daya bakar yang sangat mengerikan
Kelebihan Wisanggeni :
- Api adalah energinya
- Ilmu silat tinggi
- Cepat dan bisa membakar apa saja


Raden Anantasena atau sering di bilang Anatsena, merupakan putra Bima dari Dewei Urangayu. Antasena merupakan si bungsu dari anak Bima namun dia paling sakti, dia bisa terbang, menorobos bumi dan menyelam tentunya, Antasena lahir dan dibesarkan dalam naungan ibu dan kakeknya. Setelah dewasa ia berangkat menuju Kerajaan Amarta untuk menemui ayah kandungnya. Namun saat itu Bima dan saudara-saudaranya sedang disekap oleh sekutu Korawa yang bernama Ganggatrimuka raja Dasarsamodra. Dia menghajar dan mengalahakan Dasarsamodra dan menolong para Pandawa yang akan mati dalam penjara besi yang di buang ke laut.Antasena digambarkan berwatak polos dan lugu, namun teguh dalam pendirian. Dalam berbicara dengan siapa pun, ia selalu menggunakan bahasa ngoko sehingga seolah-olah tidak mengenal tata krama. Namun hal ini justru menunjukkan kejujurannya di mana ia memang tidak suka dengan basa-basi duniawi. Antasena ini bisa dibilang si apas (air) yah aquaman ngitkutin dia nih wkwkwk. Antasena menikah dengan sepupunya yaitu Janakawati Putri Arjuna.
Kekuatan Antasena :
-Kendaliapas yaitu dapan mengendalikan air menjadi senjatanya atau ilmu pengancurnya, yang avatar pengendali air ngikutin jurusnya dia nih wkwkwk.
- Halintangjagat  dengan ini dia bisa terbang, menembus bumi dan menyelam dalam lautan dengan cepat.
-Kulitpakung merupakan jurus pertahanan tubuh yang tahan segala senjata yang membuatnya mengeluarkan mode sisik kulit udang yang mempunyai tubuh keras!
Jurus Antasena :
-Cupu Madunsena merupakan jurus pengobatan yang di wariskan kakeknya dapat mengobati berbagai macam luka dan penyakit uda kaya tong feng wkwkwkw nah ini gurunya tsunade dan healer-healer lainnya hahaha
Kelebihan  Antasena :
- Ilmu silat tingkat tinggi
- Air sumber energi tambahan
- Cepat, keras dan Kuat

Anatsena dan Wisanggeni akrab dan sama-sama sakti mereka tidak mengikuti perang Barathayudha, mereka mati pada saat meletusnya perang Baratayudha, Anatsena mati karena di tipu Kresna yang tertusuk tombak dan tidak mengeluarkan kulitpakung untuk melindungi Kresna yang telah membuat skenario agar Antasena tidak ikut perang karen tidak akan berimbang. Antasena mati dengan santai karena dia tahu jalan kematiannya dia mati tertusuk tombak sambil makan rumput dan berdialog dengan Kresna, Antasena berkata " mengikuti perang atau tidak semua ada jalan kematian masing-masing, namun jika mati dalam jalan kebernaran maka akan jadi syuhada begitpun saya" Kresnapun malu dan menangis dalam hatinya. Dan Wisanggeni ke Wenang leluhur dewata dan tidak mendapatkan restu darinya akhirnya Wisanggeni tinggal bersama Wenang sampai akhir hayatnya.

5. Bima 
Bimasema atau Bima merupakan putra kedua dari Pandawa bersaudara. Bima memiliki sifat gagah berani, teguh, kuat, tabah, patuh dan jujur, serta menganggap semua orang sama derajatnya, sehingga dia digambarkan tidak pernah menggunakan bahasa halus (kromo inggil) ataupun duduk di depan lawan bicaranya. Dalam pencarian jati dirinya, Bima sering diberi tugas oleh gurunya yang sesungguhnya dihasut oleh para Korawa untuk membunuh Bima yang terasa mustahil untuk dikerjakan, seperti mencari kayu gung susuhing angin dan air banyu perwitasari, yang akhirnya membawa Bima bertemu dengan Dewaruci Bima melakukan kedua hal ini (bicara dengan bahasa krama inggil dan duduk) hanya ketika menjadi seorang resi dalam lakon Bima Suci, dan ketika dia bertemu dengan Dewaruci. Ia mahir bermain gada, serta memiliki berbagai macam senjata, antara lain: Gada Rujakpala, Alugara, Bargawa (kapak besar), dan Bargawasta. 
Kekuatan Bima :
-  Bandungbandawasa, yaitu meningkatkan kekuatan fisik setara dengan 100x kaioken Son go ku wkwkw gila kaoiken ngikutin ini bos wkwkwk
- Mode Blabak Pangantol, yaitu membuat perkasa dalam perkelahian dan perang nah ini setara supersaiya goku 3lah   hahah kuat banget jurus ini memicu timbulnya kekuatan yang luar biasa bisa menghancurkan gunung hahaha. Mungkin ini aawalnya peningkatan kekuatan fisik dari mulai goku (ss), luffy (gear) naruto (sanin, kyuubi), ichigo (bankai) dan lainnya. Hebat bener kekuatan Bima ini.
Jurus Bima :
- Ketuklindu, yaitu membuat guncangan tanah dengan hentakan kaki bisa membuat gempa pake jurus ini nih ternyata jurus ini di tiru sama si Hulk dan tokoh superhero lainnya  emang nih Indonesia GG bener kalo kita ga kebarat-baratan wkwkwk .
- Bayubajra, yaitu jurus yang bisa menyerang musuh dengan menggunakan kekuatan angin ribut wah ini kaya strom di xmen wkwkwk cuma kekuatan Bima lebih hebat karena jurus ini jurus aing buntung belitung bisa nangis musuh-musuhnya hahaha.
-Kuku Bima ( Pancakenaka) jurus ini membuat sentaja di kuku ibu jari Bima yang sangat hebat dan bisa menebas apapun. Tapi anehnya sering di bilang mesum karena posisi tinju Pancakenaka ini wkwkwkw 
Kelebihan :
- Kain Poleng Bintuluaji, Gelang Candrakirana, Kalung Nagasasra, Sumping Surengpati dan Pupuk Pudak Jarot Asem merupakan Atribut pelengkap bisa  yang menambahkan kecepatan, kekuatan, pertahanan dan serangan Bima.
- Kuat Namun lambat.
- Lambang keperkasaan PRIA NUSANTARA !! MBUKAKAKAKAK

Bima adalah sosok jendral Perang sejati meeen! dia sangat berwibawa dan selalu ada di garis depan. Bima mempunyai anak yang kelasnya GG man yaitu trio maut Antareja (Nagagini), Gatotkaca (Arimbi) dan Antasena (Uranguyu). Dalam hidupnya dia mengalahkan orang-orang kuat dimulai dari Antaboga (pertarungan terhebat sepanjangan sejarah pertarungan Bima dalam pertarungan 10 hari) sampai musuh terakhir yang utama dalam perang Baratayudha yaitu Duroyana anak pertaman Kurawa yang paling kuat. Pertarungan bersama Duroyana adalah pertarungan paling menentukan kemenangan perang.



Jagoan ini tentunya asli karangan sastrawan jaman dulu jauh berabad-abad sebelum adanya marvel, dc, anime dan lainya. Disini hanya Bima yang berasal dari india namun sudah dikonversikan oleh nusantara.Jika anda baca versi india ga serumen ga ada jurus-jurus nya hahaha. Petruk, gareng, Antareja, Gatotkaca, Wisanggeni dan Antasena merupakan asli sastrawan nusantara dulu. Sebagai orang Indonesia saya bukan bermaksud menjelekan karaya marvell,dc atau anime namun kita lihat budaya kita yang jauh lebih kaya. Mereka orang barat dan jepang ke negara kita untuk mencari inspirasi di mulai dari jagoan pewayangan sampai kostumnya. Makanya jangan terlalu tergila-gila dengan budaya asing kita lebih kaya mamen! hahaha. walaupun sedikit modifikasi dari saya ya begitulah ada sisi subjektif saya juga hahaha Terima kasih 

refrensi :
Mahabarata - R.A kosasih 
Baratayudha - R.A kosasih
Punakawan ( Yogyakarta, LKIS 2003)
Garudayana - Is Yuniarto
Jalan kematian Ksatria - Pitoyo
Ksatria Kesunyian - Pitoyo

18 komentar:

  1. Crita ngawur dan tanpa maksud...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      Hapus
  2. kenapa disamain sama DOTA ?? -_-

    BalasHapus
  3. Cerita mahabharata aslinya dari india, satu-satunya character asli Indonesia di cerita Mahabrata ya cuma Antareja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wisanggeni??punokawan??sebenarnya banyak tokoh asli ciptaaan pujangga jawa bahkan ceritanya pun banyak yg ciptaan pujangga jawa

      Hapus
  4. thanks info nya...
    saya memang lebih butuh informasi yg kyak ginian, jd biar gk sama persis sama mahabarata / pewayangan jawa :)
    btw... ini saya lgi bikin komik yg bersumber dari Pewayangan tsb, doa in nya biar bisa dikenal sama orang indonesia bakan dunia... amin...

    BalasHapus
  5. Masalahnya indonesia belum mampu mengembangkan cerita wayang dengan tehnologi canggih kyk negara barat.padahal indonesia kaya akan sejarah misalnya Gajahmada dgn sumpah palapa nya, Ken Arok yang bs menjadi raja dan banyak lagi.

    BalasHapus
  6. Menghibur.. Hahaha

    Syg g ad yg kaya hitaci..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ada yg kaya hitachi mungkin kalah semua bro. 😁

      Hapus
  7. bima itu type tanker sejati ya.. bisa stun juga (ketuklindu)

    BalasHapus
  8. Asyik nih kalo tokohnya ada yang dimasukkan ke dalam Legenda Lamafa di ceritera.net

    BalasHapus
  9. Jika dikemas dlm bentuk film layar lebar dan disutradarai sekelas Steven Spielberg, yakin ini invest yg sangat menguntungkan, baik animasi maupun aktor asli.

    BalasHapus
  10. yg bkin gamer nich....
    tpi bima hebat ya.,3 anak sakti semua serta berbeda elemnt.., tanah, air dan udara....
    yg api dari arjuna., hahahahaah

    BalasHapus
  11. tolong kalo gk tau apa2 tentang wayang gk usah ngomong... anda merusak citra wayang..

    antasena dan wisanggeni tdk seperti itu.. kalo mereka berkata langit runtuh.. maka langit akan runtuh.. mereka berkata musuh lumpuh maka musuh lumpuh.. sekali pukul kahyangan dan seisinya hancur.. menghentakan ke bumi makabseluruh gunung di permukaan bumi menjadi debu.. jadi jnn sok2 tau... tinggi wisanggeni itu 1,5 hasta. dan tinggi antasena 3hasta.. itu baru sebagian realita saja.. di wayang tokoh terkuat hanya ada 5.
    cahya nur cahya-tuhan
    sambyam wenang-tuhannya dewa
    wisanggeni-dewa penutup
    antasena- energi alam
    sukasrana-energi ghaib

    yang paling lemah dr semuanya tuh sukasrana..

    kekuatan sukasrana

    memindahkan gunung dengan kedipan mata..
    membunuh musuh dngan menyebut mati.
    berbah menjadi raksasa dengan ketinggian 70x gunung brahma
    1 helai rambut dapat menciptakan 70 naga.. dan setiap naga memiliki mata sebesar gunung slamet...
    jika telapak menyentuh bumi.. maka saat itu pula permukaan bumi menjadi lava panas..

    camkan itu.. jnn ngerusak budaya se enaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sebagai dalang wayang purwa ngerasa ke ngawuran anda ini yang bikin sakit hati, mas mbok belajar dulu sebelum menyalahkan orang lain hehehe, atau ke rumah saya biar tak tunjukin wayang nya beserta cerita dan sifat2 nya

      Hapus
    2. Mungkin dia kurang ngopi mas 😂

      Hapus
  12. Atas saya sama ngawurnya...😂😂😂
    Sebagai penggemar wisanggeni saya tahu dia,,,,kl disebut dewa.....tahu gak beda dewa sama makhluk lainx di pewayangan,,,PAKAI SLOP/SEPATU cui,,,,wisanggeni g pake...hihihi cukup itu aja,,,yg lain2 biarin dah diawur

    BalasHapus